AYO SFC BERBENAH

Belum Ada Planning Transfer Pemain

(Sumatera Ekspres edisi, 23 Agustus 2008)

PALEMBANG - Bursa Transfer window Indonesia Super League (ISL) baru dibuka 2 Desember mendatang. Sebab, ISL sendiri baru menyelesaikan putaran I pada 1 Desember 2008. Saat itu, ada dua pertandingan pamungkas. Masing-masing antara Persitara versus Persijap. Kemudian Persib versus Persita.

Sriwijaya FC sendiri melakoni laga terakhir putaran I pada Sabtu, 29 November menghadapi musuh bebuyutan PSMS Medan. Namun, belum ada planning (rencana) untuk membeli pemain, dalam rentang tiga bulan sebelum usai putaran I tersebut.

“Evaluasi baru dilakukan usai putaran I. Sekarang, kami lebih konsenterasi menyelesaikan laga ketimbang memikirkan pergantian pemain,” ungkap ahli taktik dan strategi SFC Rahmad Darmawan, kemarin (22/8).

Beberapa punggawa Laskar Wong Kito—julukan SFC—memang terbekap cedera. Christian Worabay misalnya, harus absen sejak ISL bergulir 12 Juli lalu. Pemain asal Papua ini masih berkutat dengan cedera lutut. Kemudian, Benben Berlian, Obiora Ricahrd, dan Oktavianus, absent di dua laga karena cedera engkel.

Terakhir, defender Zoubairou Garba cedera ligamen, pasca menghadapi Persiba, Balikpapan, 18 Agustus lalu. Bahkan, pemain asal Liberia ini terindikasi absen hingga usai putaran I.

“Pemain lain kan masih ada sebagai pengganti. Jadi, untuk saat ini, kami belum ada rencana (planning), untuk mengganti pemain. Bisa saja selama dua bulan tersebut, Zoubairu mengalami kemajuan,” timpal manajer SFC MC Baryadi.

Namun, jika mantan pemain PSIS Semarang ini tidak ada perkembangan, mau tidak mau tim double winners ini akan ikut bursa transfer. Beberapa sumber rahasia menyebutkan, beberapa nama mulai dibidik.

Di antaranya Carlos Renato Elias (eks SFC 2007), Wilfredo Galiano Gomes (PKT Bontang), Nyeck Nyobe (Persib), hingga Bruno Casimir (Persita). Bahkan, Abanda Herman (Persija), dan Victor Igbonefo (Persipura) pun kerap disebut. Maklum, dua nama terakhir ini adalah mantan anak asuh Rahmad Darmawan, ketika menangani Persija edisi 2006 dan Persipura edisi 2005 lalu.

“Membuang pemain tidak semudah itu. Ada aturan yang tertuang dalam kontrak. Jadi, baru ada keputusan jika putaran I memang telah selesai. Atau paling tidak hampir usai,” pungkas pengusaha asal Sleman (Jogjakarta) ini.

Musim 2007 lalu, SFC ikut bursa transfer window. Tepatnya awal putaran II. Saat itu, satu pemain asing dibuang, yaitu Okba Allouchu (Prancis). Dirinya diganti Keith Jerome Gumbs (St Kitt n St Nevis). (mg2)

Comments

Kakilangit said…
yes, setuju. Untuk saat ini memang lebih baik memperkuat posisi, yang terpenting bagaimana tim bisa lebih kompak dan punya semangat juang! Transfer pemain juga perlu untuk sebuah tim besar seperti SFC