Sumatera Ekspres Tak Terkejar, Independensi

Rhoma Irama: Sohe Terbaik

Ruhut: Aldy Direstui SBY

MARTAPURA – Kampanye hari keempat pasangan calon gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin-Eddy Yusuf (Aldy) dan pasangan Ir H Syahrial Oesman-Helmi Yahya (Sohe) kembali dipadati massa pendukungnya. Aldy dengan bintang kampanyenya, 4 Sekawan, Sule, Ikke Nurjanah membius massanya di Martapura. Sedangkan Sohe bersama Rhoma Irama mendapat aplaus fansnya di Banyuasin, kemarin (21/8).

Bertempat di Lapangan KONI Belitang, Gumawang, Kabupaten OKUT, sejumlah politikus tingkat nasional ikut serta menjadi juru kampanye Aldy. Massa datang dari penjuru wilayah OKUT sehingga membuat kemacetan terjadi pada sejumlah ruas jalan seperti jalan Jalur Komering-Jl Pemetung Basuki, Jalan Lintas Tengah Sumatera, Jalan Proyek Bendung Irigasi Upper Komering dan Jalan Raya Belitang. Umumnya, massa datang dengan menggunakan kendaraan roda empat dan dua. Bahkan mulai pukul 14.00 WIB, Lapangan KONI Belitang mulai disesaki dengan massa pendukung Aldy.

Suasana mulai terlihat hangat ketika sejumlah artis di antaranya Ike Nurjanah, Sule, dan Amarita Hamzah membawakan sejumlah lagu. Meski sempat mendung, massa tidak terpengaruh dan tetap berkerumun di kawasan lapangan.

Jurkam yang turut hadir dalam kampanye hari keempat ini di antaranya dari Partai Demokrat Komar, Ruhut Sitompul, dan Aruzi Kartawinata; dari PAN Ibnu Faisal; dari PBR Fauzi Amru; dari PBB Zunial Kamar. Sedangkan dari Partai Golkar menghadirkan Nasrun Madang, Marzukie Ahmad, dan Hafiz Nawawi serta sejumlah tokoh partai lainnya. Dalam orasi politiknya Ruhut Sitompul begitu berapi-api menyampaikan visi dan misi pasangan Aldy.

“Ingat pasangan Aldy adalah pasangan yang direstui oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk maju dan menjadi gubernur Sumsel lima tahun ke depan. Untuk itu, masyarakt harus yakin bahwa pasangan ini bakal mampu membawa perubahan di Sumsel”, ungkap Ruhut.

Jurkam Zunial Komar pun mempertegas komitmennya sebagai salah satu partai pendukung Aldy untuk mengawasi hasil pencoblosan hingga ke KPUD Provinsi. “Kita jangan sampai lengah, surat suara yang kita coblos harus dikawal agar tidak hilang pada 4 September mendatang,” ucapnya. Dia juga mengatakan bahwa pasangan Aldy bakal membawa kehidupan masyarakat Sumsel hidup menjadi lebih maju.

Orasi lainnya yang disampaikan tokoh Golkar Marzukie Ahmad dan Nasrun Madang. Mereka menyatakan OKUT siap mengantarkan Aldy menjadi pemenang dalam Pilgub Sumsel. “Aldy sudah terbukti membawa perubahan, jadi jangan pilih ke lain pasangan selain Aldy,” tegasnya.

Mendengar sejumlah orasi politik yang disampaikan para jurkam, sorak gempita massa pendukung Aldy memecah kawasan Belitang. Dengan mengacungkan tangan dan berteriak coblos nomor 1 menjadi suasana semakin meriah.

Apalagi, saat sejumlah artis Ibu Kota menghibur massa dan sesekali meyebut coblos nomor 1… coblos nomor 1 membuat massa semakin kuat berteriak, hidup Aldy, menang Aldy.

Kampanye semakin lengkap saat dua pasang calon Alex-Eddy tampil berorasi di hadapan massa pendukung. Dalam kampanyenya Alex mengungkapkan, tingga 13 hari lagi massa pencoblosan dan jangan lupa untuk memcoblos nomor 1.

”Untuk itu, beri kesempatan memimpin Sumsel”, ujarnya. Ditambahkannya, Sumsel ini akan menuju perubahan dalam artian dari keadaan sekarang menuju yang lebih baik lagi. Tak mau ketinggalan, Eddy Yusuf selaku pendamping Alex menyatakan bahwa kehidupan rakyat ini butuh keringanan, pendidikan serta berobat gratis itu tidak bohong. “Jangan percaya dengan komentar orang, berobat gratis dan pendidikan gratis itu tidak bohong, tapi bakal menjadi kenyataan untuk masyarakat Sumsel,” pungkas Eddy.

Sohe ke Daratan dan Perairan

Di Banyuasin, Lapangan Sepak Bola Munai Serumpun, Pangkalan Balai, kemarin juga menjadi lautan manusia. Massa dari berbagai penjuru kabupaten dan sekitarnya hadir cukup antusias di depan idola mereka, Ir H Syahrial Oesman-Helmy Yahya (Sohe), dan para jurkamnya.

Meski sempat diguyur hujan, warga tak ingin beranjak. Massa meneriakkan coblos nomor 2 begitu Syahrial dan Helmy naik ke panggung.

Di hadapan pendukungnya Syahrial dan Helmy mengimbau warga untuk tidak mudah terpengaruh oleh provokator yang selama ini menghasut warga. “Saya diisukan melakukan korupsi, saya juga diisukan suka berjudi dan lainnya, isu-isu tersebut hanyalah gosip murahan. Buktinya saya masih berada di tengah kita semua,” teriak Syahrial.

Ke depan, kata Syahrial, masyarakat Sumsel dan Kabupaten Banyuasin khususnya akan terus merasakan kemajuan pembangunan. “Itu sudah tekad saya, pembangunan Tanjung Api-Api harus tetap dilaksanakan, taraf perekonomian warga harus ditingkatkan disamping peningkatan pendidikan dan kesehatan serta sarana infrastruktur lainnya,” terang Syahrial.

Sementara itu, Nurdi W, juru kampanye dari PPNUI memuji kehebatan Syahrial. Dikatakannya, selama kepemimpinan Syahrial Oesman sudah banyak perubahan yang terjadi di Sumsel.

Hal yang sama diungkapkan H Rhoma Irama. Syahrial Oesman merupakan salah satu gubernur terbaik yang ada di Indonesia. “Ini terbukti dengan berhasilnya meraih Bintang Maha Putra Utama. Sehingga tak salah kalau masyarakat Sumsel memberikan kepercayaan besar untuk Syahrial maju lagi sebagai gubernur Sumsel periode lima tahun mendatang. Massa dihibur Nini Karlina, Tommy Ali dan H Rhoma Irama lengkap dengan grup Sonetanya.

Sebelumnya, calon gubernur Sumsel Ir H Syahrial Oesman sempat mengunjungi warga di Kompleks Perum Mega Asri II, Kecamatan Talang Kelapa. Di sana Syahrial melakukan kampanye dialogis dengan warga. Beberapa warga menyampaikan keinginannya yang selama ini terpendam dan belum terpenuhi.

Syahrial tidak henti-hentinya bersalaman dengan pedagang dan pengunjung. Meski keringat sudah mengucur deras, namun Syahrial tetap bergeming. Malah sesekali Syahrial melontarkan guyonan yang disambut tawa para pedagang. “Pemimpin itu harus tahu rakyatnya karena itulah saya datang kemari bersama ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian. Tolong jangan lupa tanggal 4 September mendatang pilih pemimpin yang terbukti karyanya, bukan hanya selogan dan janji-janji yang bohong belaka,“ ucap Syahrial.

Sementara itu, ratusan warga Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin menyatakan optimis dukungannya kepada Sohe. “Sembilanpuluh persen warga Kecamatan Talang Kelapa dukung Sohe,” teriak Amir, warga Kecamatan Talang Kelapa yang disambut dengan tepuk tangan.

Usai mengunjungi warga di wilayah daratan, Syahrial Oesman pun menuju wilayah perairan. Dengan menggunakan empat speedboat kecil, Syarial tanpa keluh mengunjungi warga Desa Rantau Bayur, Kecamatan Rantau Bayur. Kepada masyarakat Syahrial menjanjikan perubahan besar. Menurutnya, yang diperlukan oleh masyarakat saat ini adalah perbaikan ekonomi, buat apa sekolah gratis dan pendidikan gratis kalau ternyata masyarakatnya miskin semua.

“Bulan depan, tiang pancang jembatan yang menghubungkan Desa Rantau Bayur dengan Kabupaten Muara Enim akan dipasang. Artinya tidak lama lagi masyarakat Rantau Bayur bisa menikmati akses jalan darat untuk memasarkan hasil bumi yang ada,” ucapnya.(32/45)

Comments